Mie Ayam Paling Enak di Brebes yang Wajib Kamu Coba - Sing Penting Mbadog -->

Mie Ayam Paling Enak di Brebes yang Wajib Kamu Coba

sumber gambar : mbadogenak.blogspot.com

Mie ayam adalah salah satu kuliner favorit orang Indonesia saat makan di luar rumah. Hampir di setiap sudut kota dan bahkan di setiap kampung pasti ada yang jualan mie ayam. Di kota Brebes memang banyak banget pedagang mie ayam tapi ada satu tempat yang menurut kami mie ayamnya paling enak. Dimanakah mie ayam paling enak di Brebes bisa dinikmati? Yuk simak ulasannya!

Sekilas Asal – Usul Mie Ayam

mie ayam paling enak

Tentu kita pernah berfikir siapa yang pertama kali memperkenalkan mie ayam sehingga menjadi sangat populer seperti sekarang. Padahal mie kan bahan bakunya dari tepung terigu, tepung terigu berasal dari gandum, sedangkan gandum tidak bisa ditanam di Indonesia. Tentu yang pertama kali buat mie bukan orang Indonesia. Lalu darimana asalnya mie ayam?

Berdasarkan catatan sejarah, Mie berasal dari negeri Cina yaitu mulai dikenal sejak tahun 25-200 M di masa Dinasti Han. Kemudia di bawa ke seluruh dunia oleh para penjelajah. Seperti Marcopolo yang membawanya ke Italia yang kemudian berubah menjadi pasta. Faktanya mie memang identik dengan makanan Asia, terutama Asia Timur dan menyebar di Asia Tenggara. Ada banyak sekali jenis mie dan sajian kuliner berbasis mie. Ada mie ramen, mie bihun, mie soun, mie kwetiau, misoa, mie aceh, mie bancir, mie ayam dan masih banyak lagi.

Kalau ditelusuri, mie ayam berasal dari negeri cina. Di negeri asalnya mie ayam ini disebut bakmi dan toppingnya adalah daging babi. Bumbunya juga menggunakan minyak babi. Namun pada saat dibawa ke Indonesia yang mayoritas beragama islam maka toppingnya diganti dengan daging ayam. bumbu yang digunakan pun tidak mengandung unsur babi sedikitpun. Minyaknya diganti minyak ayam, kecap asin, dan bumbu rempah khas Indonesia. Sehingga saat ini Mie Ayam telah menjadi Kuliner Khas Indonesia karena memang sudah berbeda dari negeri asalnya.

Mie Ayam Paling Enak di Brebes

mie ayam paling enak

Ini dia mie ayam paling enak di Brebes, namanya Mie Ayam Pak Kumis. Awal pertamuan kami dengan mie ayam pak kumis ini saat jalan keluar kantor nyari tempat makan yang enak. Kemudian ada salah seorang teman yang menunjukkan kalo ada mie ayam yang paling enak di Brebes. Kalau mau ditunjukkin berati harus bayarin dia juga. Hehe. Akhirnya karena terlanjur penasaran oke deh gak apa-apa walau harus nambah anggaran belanja.
Kenapa disebut mie ayam pak kumis? Itu karena memang penjual mie ayam ini memelihara kumis yang cukup rapi. Pak Kumis ini merupakan penjual mie ayam kaki lima yang mangkal di depan Bank Panin Brebes. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Brebes yaitu sebelah barat Yogya Mall Brebes.
Mie ayam pak kumis ini buka mulai pukul 11.30 sampai dengan habis. Biasanya pukul 14.30 juga sudah habis dan sudah beres-beres mau pulang. Walaupun mie ayam pak kumis ini jajanan kaki lima tapi rasanya serasa restoran bintang lima. Hehe. Buktinya sebelum buka saja sudah banyak orang yang menunggu untuk memesan mie ayam ini.
Mie ayam pak kumis ini memang agak berbeda dibanding dengan mie ayam di tempat lain. Topping mie ayam pak kumis menggunakan suwiran daging ayam yang dimasak dengan kuahnya yang kaya bumbu rempah. Sedangkan mie ayam pada umumnya kan daging ayamnya dipotong kotak-kotak. Kalau yang suka ceker ayam juga bisa minta ditambahkan ceker ayam lunak.

Cita rasa mie ayam pak kumis ini bener-bener bikin ketagihan lho. Rasa kuahnya gurih dan sedikit manis serta ada aroma daun jeruk yang menggugah selera. Mienya juga lembut dan kenyal. Setiap kali makan mie ayam ini pengennya nambah, gak cukup satu porsi, tapi malu minta nambahnya. Hehe. Oiya harga mie ayam paling enak di brebes ini cukup terjangkau yaitu sepuluh ribu rupiah.

Es Campur Mang Ali

es campur

 Oiya habis makan tentu haus kan? Tenang saja karena tepat disamping gerobak mie ayam pak kumis ada Es Campur Mang Ali. Dua pedagang kaki lima ini adalah partner yang sangat kompak. Sehingga pelanggan biasanya merasa ada yang kurang saat salah satunya tidak berjualan.

Es Campur Mang Ali juga selalu ramai pembeli sama seperti mie ayam pak kumis. Pada saat baru menata toples, mangkok, bangku dan atap peneduh saja sudah banyak yang antri mau pesan. Selain yang pesan untuk disantap di tempat banyak juga yang minta dibungkus untuk dinikmati dirumah. Bahkan biasanya yang beli tidak hanya satu dua bungkus tapi hingga sepuluh bungkus. Maka antrian pun bisa nyampe setengah jam.
es campur

Mang Ali dengan sangat lincah melayani para pembeli. Plastik dan mangkok dijejer dan diisi potongan buah-buahan, agar, kacang hijau, dan kembang pacar. Kemudian ditambahkan seurtan es batu dan disiram larutan gula merah dan gula pink serta kental manis. Hmm yang tadi makan mie ayamnya kurang kenyang, bisa pesen es campur mang ali ini. Selain bisa menyegarkan dahaga juga bisa menyempurnakan rasa kenyang yang sempat tertunda.

Nah, kawan pangan yang sedang lewat kota Brebes silahkan nyobain Mie Ayam dan Es Campur paling enak di Brebes ini. Tapi harus sabar antri dan berdesakan saat menyantapnya karena tempatnya sangat terbatas. Tapi soal rasa dijamin gak ngecewain.
Terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Mie Ayam Paling Enak di Brebes yang Wajib Kamu Coba"

Post a Comment

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel