Cara Membuat Cabe Bubuk dari Cabe Merah Kering - Sing Penting Mbadog -->

Cara Membuat Cabe Bubuk dari Cabe Merah Kering

sumber gambar : copyright thinkstockphotos.com

Cabe Bubuk Merah - Bagi anda yang suka pedas, Bubuk cabe merah sangat pas banget untuk anda di konsumsi. Bubuk cabe adalah salah satu bahan tambahan makanan untuk menciptakan rasa pedas. Agar sesuai selera dan kebersihan terjaga, alangkah baiknya membuat bubuk cabe merah sendiri dirumah.

Memang prosesnya terdengar sangat mudah, namun ternyata banyak yang mendapatkan hasil yang kurang sempurna. Iyahh kali ini saya akan membagikan tips agar saat anda membuat bubuk cabe merah itu sempurna, yaitu :

Bahan-Bahan

  1. Cabe merah keriting segar sebanyak 500 gram
  2. Kaldu bubuk sebanyak ¼ sendok makan
  3. Bawang putuh bubuk sebanyak 2 - 3 biji
  4. Gula halus sebanyak ½ sendok makan

Cara Membuat Cabe Bubuk

  1. Langkah Pertama adalah membersihkan cabe kemudian cuci sampai bersih.
  2. Lalu Iris-iris cabe agar lebih cepat kering saat cabe dijemur.
  3. Selanjutnya, jemur cabe dibawah terik matahari sampai benar-benar kering. Waktu lama penjemuaran tergantung pada ketipisan saat mengiris dan cuaca, semakin tipis irisan cabe maka akan semakin cepat kering dan semakin terang cuaca maka akan semaik kering pula, biasanya kering kisaran waktu 3-5 hari.
  4. Cabe yang sudah kering tidak perlu disangrai karena uapnya bisa membuat bersin-bersin karena baunya sangat menyengat, terkecuali jika kuat dan ingin mendapatkan hasil yang kering sekali.
  5. Untuk menghaluskannya, cabe yang sudah kering diblender menggunakan penggilingan kering.
  6. Dengan inovasi baru, cabe kering bisa digiling bersama bumbu lain seperti kaldu bubuk, gula halus dan bawang putih bubuk. Jadi nantnya bisa digunakan sebagai bumbu tabur makanan yang enak.
  7. Untuk mendapatkan cabe bubuk yang halus, setelah diblender harus diayak lagi menggunakan ayakan tepung. Atau bisa dibiarkan dengan tekstur cukup kasar sesuai selera masing – masing.
  8. Simpan cabe bubuk dalam wadah yang tertutup rapat supaya bisa bertahan lama.

Tips

  1. Buka jendela atau usahakan agar sirkulasi udara baik saat membuat cabai bubuk ini. Jauhkan juga orang-orang yang sensitif terhadap cabai.
  2. Tempeli label yang berisi nama dan tanggal pembuatannya. Semua jenis bumbu makanan akan berkurang khasiatnya dan akan jadi hambar jika disimpan terlalu lama. Jadi, pastikan untuk menggunakannya jangan terlalu lama agar mendapatkan rasa yang optimal.

1 Komentar untuk "Cara Membuat Cabe Bubuk dari Cabe Merah Kering"


  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    ReplyDelete

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel